SMAN 1 BUDONG-BUDONG

Jl. Pendidikan

Where Tomorrow's Leaders Come Together

Akhirnya UNBK!

Selasa, 02 April 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 712 Kali

Evaluasi Nasional adalah amanat Undang-Undang yang harus dilaksanakan dalam sistem pendidikan kita di Indonesia. Secara khusus, tujuannya adalah untuk melihat dan mengukur kemampuan, pemahaman, sikap dan skill peserta didik selama menempuh pendidikan di dalam satuan pendidikan.

Lebih jauh lagi, evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.

*UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

SMA Negeri 1 Budong-Budong telah melaksanakan salah satu Evaluasi Nasional, yaitu USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) yang pelaksanaannya terjadwal secara Nasional dari tanggal 18 sampai 25 Maret 2019. Terdapat 14 Mapel (Mata Pelajaran) yang diujikan atau dengan kata lain seluruh bidang studi yang terdapat pada jurusan masing-masing, yaitu MIPA dan IPS. Ketua Panitia UAS semester VI, USBN dan UNBK untuk tahun ajaran 2018/2019 dipegang oleh Muhammad Yunus, S.Pd mengatakan “terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Tim Kepanitiaan tahun ini berkat kerja keras kita telah sukses melaksanakan UAS khusus semester VI dan USBN, semoga sukses dan kerja solid ini dapat berlanjut hingga UNBK” terangnya disela pelaksanaan ujian.

Khusus untuk UAS semester VI, dilaksanakan lebih awal sebelum masuk jadwal USBN. Ujian ini dilaksanakan terpisah dikarenakan padatnya agenda Evaluasi yang wajib ditempuh oleh peserta didik kelas XII, sehingga pada rapat pembentukan panitia yang dipimpim langsung oleh Kepala Sekolah memutuskan bahwa jadwal Ujian Praktik dan Ujian Semester VI dilaksanakan lebih awal sebelum USBN agar waktu yang singkat ini dapat digunakan seefektif mungkin.

Pada pekan ini, untuk pertama kalinya SMA Negeri 1 Budong-Budong melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang jadwalnya dimulai persis awal April, yaitu 1 April untuk bidang studi Bahasa Indonesia, 2 April untuk bidang studi Matematika, 4 April untuk bidang studi Bahasa Inggris dan terakhir 8 April untuk bidang studi pilihan (Biologi dan Geografi). Jumlah keseluruhan peserta UNBK adalah 94 orang yang kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok A berjumlah 33 orang, kelompok B berjumlah 33 orang dan kelompok C berjumlah 28 orang. Hari ini, tepatnya Selasa 2 April 2019 sedang berlangsung ujian bidang studi Matematika, tepat pukul 07.30 WITA ujian dimulai dan yang mendapat giliran sesi pertama adalah kelompok C.

Turut pula hadir Tim Pemantau Pelaksanaan UNBK dari Provinsi, yakni Bapak Drs. H. Jawaruddin, M.Pd yang menjabat sebagai Kepala Cabang Dinas Wilayah II bersama dengan Bapak H. Pananrangi, S.Pd.,M.Pd sebagai Pengawas SMA. Beliau menegaskan agar proses UNBK dapat berjalan dengan aman dan tertib sesuai dengan POS UNBK 2019 (Prosedur Operasional Standar) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

SAIFUDDIN, S.Pd., M.Pd.

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya