SMAN 1 BUDONG-BUDONG

Jl. Pendidikan

Where Tomorrow's Leaders Come Together

SUKSES TUAN RUMAH OSK MAMUJU TENGAH 2019

Selasa, 12 Maret 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 817 Kali

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat  Pembinaan SMA secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Olimpiade Sains Nasional.

Untuk sampai pada tahap Nasional dan berlanjut ke skala Internasional, olimpiade sains ini memiliki beberapa tahapan yang cukup disiplin dan ketat. Diawali dari Olimpiade Sains Sekolah yang dimana pada tahap ini sekolah melakukan seleksi kepada peserta didik pada tiap-tiap bidang keilmuan yang dilombakan. Peserta didik yang terpilih pada tahap ini akan mewakili sekolahnya pada tahap berikutnya, yaitu Olimpiade Sains tingkat Kabupaten. Olimpiade Sains tingkat Kabupaten/Kota yang kemudian disingkat OSK, pada tahap ini skop kompetisinya adalah Kabupaten. Seluruh SMA Negeri yang berada dalam satu Kabupaten mengirimkan peserta didiknya untuk bersaing menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupatennya ke tahapan selanjutnya, yaitu Olimpiade Sains tingkat Provinsi

Penyelenggaraan OSK Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2019 ini bertempat di SMA Negeri 1 Budong-Budong. Tentunya, status sebagai tuan rumah adalah beban tersendiri yang harus diemban dengan baik. Secara teknis, Kepala Sekolah menginstruksikan “supaya pelaksanaan OSK ini berhasil, kita sebagai tuan rumah harus menyiapkan dengan baik semua hal yang dibutuhkan. Olehnya itu, bentuk tim atau panitia pelaksana supaya kita bisa kerja efektif” serunya dalam rapat.

Terdapat 10 SMA Negeri yang turut bersaing pada OSK kali ini, diantaranya SMA Negeri 1 Budong-Budong selaku tuan rumah, SMA Negeri 2 Budong-Budong, SMA Negeri 3 Budong-Budong, SMA Negeri 1 Pangale, SMA Negeri 1 Tobadak, SMA Negeri 2 Tobadak, SMA Negeri 1 Topoyo, SMA Negeri 2 Topoyo, SMA Negeri 1 Karossa, dan SMA Negeri 2 Karossa. Adapun bidang keilmuan yang dilombakan diantaranya, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, dan TIK. Setiap bidang keilmuan diawasi oleh 2 orang pengawas, karenanya pengawas ruang berjumlah 18 orang yang diambil dari beberapa guru SMA Negeri di Mamuju Tengah. Segala data peserta Olimpiade (siswa-siswi) dan pengawas ruang diperoleh dari MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Mamuju Tengah, tuan rumah hanya menyiapkan segala teknis pelaksanaan yang diperlukan yang sesuai dengan buku “PEDOMAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL TAHUN 2019”. Hadir pula Tim Pemantau OSK dari Provinsi yang mengantar seluruh instrumen soal dan lembaran penting lainnya sekaligus membawa kembali lembar jawaban peserta kepada  Tim Juri OSK yang berada di Provinsi.

Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan OSK kali ini adalah adanya beberapa soal bidang keilmuan yang tertukar ketika segel soal dibuka di dalam ruangan, namun masalah ini bisa cepat diselesaikan dengan mudah. Secara keseluruhan pelaksanaan OSK Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2019 yang diselengarakan di SMA Negeri 1 Budong-Budong terbilang sukses dan terencana dengan baik.

Ajang ini juga dimanfaatkan oleh OSIS SMA Negeri 1 Budong-Budong untuk menampilkan karya seni mereka, terdapat beberapa ornamen dan karya kriya lainnya yang di pajang serta terdapat pula poster-poster yang berisikan pesan atau ajakan yang positif. Hal ini menambah daya tarik tersendiri bagi peserta Olimpiade dari sekolah lain.

  1. TULISAN TERKAIT
...

SAIFUDDIN, S.Pd., M.Pd.

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya